July 1, 2022

Karakter Keuangan Setiap Generasi – Seiring berjalannya waktu lahir generasi-generasi baru dengan karakteristik unik masing-masing. Istilah generasi ini pada awalnya muncul pada masa perang dunia kedua dan istilah ini tersebar lebih luas setelah masa perang dunia kedua berakhir. Kata “generasi” sering digunakan untuk menggambarkan karakteristik masing-masing kelompok individu yang dibagi berdasarkan tahun kelahiran mereka. Hal ini dikarenakan setiap generasi memiliki karakteristik khas yang mencerminkan berbagai aspek kehidupan pada zaman tersebut. 

Menurut Kupperschmidt, generasi adalah sekelompok orang yang memiliki kesamaan tahun lahir, umur, lokasi dan juga pengalaman historis atau kejadian-kejadian dalam individu tersebut yang sama yang memiliki pengaruh signifikan dalam fase pertumbuhan mereka. Dapat dikatakan  bahwa generasi adalah sekelompok individu yang mengalami peristiwa – peristiwa yang sama dalam kurun waktu yang sama pula. Hal ini didukung oleh Manheim yang menyebutkan bahwa generasi biasanya memiliki rentang waktu per 20 tahun yang mengalami kejadian historis yang sama dan berada dalam dimensi sosial yang sama. Peneliti-peneliti lainnya seperti Neil Howe dan William Strauss yang mempopulerkan teori generasi juga menjelaskan generasi sebagai individu yang memiliki rentang usia, historis, dan sosial yang sama. 

Karakter Keuangan Setiap Generasi
Sumber: https://unsplash.com/photos/MbG7kwWptII

Menurut Howe & Strauss terdapat 3 atribut yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi generasi, selain tahun kelahiran.

1. Perceived membership : persepsi individu terhadap sebuah kelompok dimana mereka tergabung didalamnya, khususnya pada masa – masa remaja sampai dengan masa dewasa muda.

2. Common belief and behaviors : sikap terhadap keluarga, karir, kehidupan personal, politik, agama dan pilihan – pilihan yang diambil terkait dengan pekerjaan, pernikahan, anak, kesehatan, kejahatan.

3. Common location in history : perubahan pandangan politik, kejadian yang bersejarah, contohnya seperti : perang, bencana alam, yang terjadi pada masa – masa remaja sampai dengan dewasa muda.

Baca Juga: Kebiasaan Menabung Untuk Anak-Anak

Persamaan karakteristik di setiap generasi juga dapat menggambarkan karakteristik keuangan setiap generasi. Hal ini dipengaruhi oleh aspek kehidupan yang mereka lalui yang membentuk pola pikir dan kebiasaan masing-masing setiap generasi. Total saat ini terdapat 5 generasi, baby boomer (1946 – 1964), gen x (1965 – 1980), millennial (1980 – 1995), gen z (1996 – 2009), dan gen alpha (2010 – sekarang). Mari kita simak karakteristik keuangan setiap generasi, yuk langsung cek di bawah ini.

Baby Boomer (1946 – 1964)

Sumber: https://unsplash.com/photos/VMGAbeeJTKo

Setelah masa perang dunia kedua terjadi ledakan populasi yang cukup tinggi. Nama “baby boomer” berasal dari fenomena tersebut. Generasi yang satu ini memiliki karakteristik mandiri dan tidak bergantung dengan keluarganya. Masa perang dunia kedua membuat banyak populasi hidup di bawah garis kemiskinan membuat generasi baby boomer harus bekerja sejak dini. Tidak sedikit anggota dari generasi ini yang menjadi tulang punggu keluarga sejak dini. 

Walaupun tidak secara langsung mengalami perang dunia, tetapi generasi yang satu ini merasakan efek perang secara tidak langsung dan membuat banyak dari mereka bekerja keras untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik untuk anak dan cucu mereka. Oleh karena itu, uang yang mereka dapatkan cenderung digunakan untuk membeli barang-barang kebutuhan pokok seperti rumah, tanah, aset, dan tabungan. 

Gen X (1965 – 1980)

Keturunan dari generasi baby boomer, generasi X cenderung memiliki kehidupan yang relatif lebih baik dan situasi ekonomi dunia sedang dalam masa emasnya. Hal ini membuat edukasi dan kesehatan lebih maju yang membuat generasi X memiliki pendidikan dan kesehatan yang lebih baik dibandingkan dengan generasi sebelum mereka. Sebagai generasi digital immigrant mereka memiliki kemampuan mengoperasikan teknologi yang cukup, tetapi tidak memenuhi kehidupan sehari-hari mereka.

Karakter keuangan setiap generasi berbeda-beda termasuk generasi X. meskipun mereka memiliki karakteristik pekerja keras yang sama dengan baby boomer, tetapi generasi ini lebih condong ingin memiliki bisnis, menyadari pentingnya dana darurat seperti asuransi serta investasi. Hal ini juga didorong dengan status perekonomian yang baik membuat banyak bisnis-bisnis baru lahir di generasi ini. Uang yang didapatkan banyak digunakan untuk investasi, pembelian aset, dan kebutuhan keluarga (edukasi, kesehatan, rumah, dan lain-lain).

Millennial (1980 – 1995)

Karakter Keuangan Setiap Generasi
Sumber: https://unsplash.com/photos/g1Kr4Ozfoac

Generasi yang satu ini sering dicap sebagai generasi pemalas, menolak untuk tumbuh dewasa, dan memiliki tekanan yang cukup besar. Namun, nyatanya generasi ini memiliki karakteristik yang lebih dari label-label tersebut. Lahir seiring dengan perkembangan teknologi generasi ini fasih menggunakan berbagai teknologi dan mudah beradaptasi dengan perkembangan teknologi. Hal ini membuat pekerjaan-pekerjaan yang dilakukan oleh millenial dipermudah dengan adanya teknologi, membuat mereka dapat menghasilkan pekerjaan jauh lebih cepat dan efektif.

Millennial memiliki karakteristik keuangan yang lebih konsumtif ketimbang generasi sebelumnya. Hal ini didasari karena meningkatnya taraf hidup kalangan menengah dan munculnya banyak produk-produk baru berbeda dengan generasi sebelumnya. Kenyataan ekonomi generasi millennial adalah pertumbuhan ekonomi yang tidak seimbang membuat banyak aspek kehidupan memiliki harga yang lebih mahal. Hal ini membuat millennial berfokus dengan entrepreneurship dan investasi. 

Gen Z (1996 – 2009)

Penerus dari generasi millennial dan merupakan anak dari generasi X terakhir. Mirip seperti generasi sebelumnya, gen Z memiliki karakteristik yang sangat lekat dengan teknologi dan dinilai lebih melekat dengan teknologi karena teknologi mewarnai seluruh aspek kehidupan mereka. Karena mereka lahir di era teknologi yang pesat, mereka cenderung menyukai hal-hal instan dan cepat. Hal ini juga membuat kebiasaan kerja mereka bekerja lebih cepat dan menyukai tantangan baru. 

Generasi ini memiliki karakteristik keuangan yang sedikit mirip dengan millenial. Mereka cenderung lebih konsumtif dan banyak uang dihabiskan secara digital. Mereka juga tertarik dengan investasi dan cenderung lebih suka bekerja sendiri.

Gen Alpha (2010 – Sekarang)

Karakteristik keuangan setiap generasi cukup berbeda dari satu dan lainnya. Nah, generasi terakhir ini merupakan mereka yang lahir di mana teknologi sudah menjadi kebutuhan. Saat ini, umur paling tua dari mereka adalah tujuh tahun. Jadi, saat ini karakteristik keuangan mereka belum dapat diprediksi.

Itulah beberapa karakter keuangan setiap generasi, tetapi setiap individu memiliki karakteristik tersendiri yang tidak selalu sama dengan generasi mereka. Oleh karena itu, Anda dapat berkaca dari berbagai watak setiap generasi dan mencari kebiasaan keuangan yang paling tepat untuk diri Anda. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda.

About Author

Indakhila Putri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *